oleh

Bappenda Harus Bekerja Ekstra Terkait Pemungutan Pajak Hotel Melati

KUNINGAN, (DK). –

Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Kuningan harus berkerja ekstra mengelilingi hotel-hotel melati dalam melakukan pengecekkan data pengunjung, sekaligus pemungutan pajaknya.

Hal itu tampak ketika www.dialektikakuningan.com menemui beberapa pegawai Bappenda Kabupaten Kuningan sedang melakukan kunjungan di salah satu hotel kelas melati, di kawasan wisata Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Rabu (9/10/2019).

“Ini giat Optimalisasi Pendapatan Sektor Pajak Hotel dari Bappenda Kuningan. Kenapa hotel melati harus disambangi langsung, pasalnya sistem manajemen hotelnya belum se-profesional hotel berbintang,” ungkap Kepala Bidang Pendapatan II Bappenda Kabupaten Kuningan, Drs. Nono Sujono.

Dan, Kasubid Pendapatan II Bappenda Kuningan, Mamad Abdul Somad, menambahkan, kalau kegiatan ini rutin dilaksanakan secara berkala bulanan. Untuk pemungutan pajak sebenar dikatakannya ada petugas khusus, adapun yang dilakukan pegawai Bappenda kali ini adalah sebatas untuk evaluasi.

“Ya, petugas pemungutan pajak memang ada khusus. Kalau ini sekedar cross check ulang,” bebernya.

Adapun besaran pajak untuk hotel kelas melati adalah jumlah pengunjung dikalikan tarif kamar, lalu dikalikan prosentase dengan besarannya 10 %. (Erix)

News Feed