oleh

Cegah Coronavirus, Pemdes Parung Cek Kesehatan Perantau yang Balik Kampung

KUNINGAN, (DK). –

Virus Corona atau Covid-19 sekarang sudah mulai menyebar ke beberapa wilayah di Indonesia. Lantas muncul kebijakan physical distancing dengan membolehkan para pekerja bertugas di rumah, #workfromhome. Sehingga, mengakibatkan banyak pekerja rantau memutuskan pulang ke kampung halaman.

Hal ini pun terjadi di Desa Parung, Kecamatan Darma. Diungkapkan Kepala Desa Parung, Osa Maliki, Rabu (25/3/2020), bahwa pemerintah desa setempat, warganya yang bekerja di luar kota banyak yang mudik.

“Upaya kami dalam pencegahan wabah Coronavirus, setelah mendengar kabar bahwa banyak warga yang balik kampung dari perantauan. Perangkat dan Bidan Desa kemarin, hari Selasa, tanggal 24 Maret 2020, kami menyambangi rumah-rumah warga yangg mudik tersebut, untuk melakukan pengecekan kesehatan terkait Covid-19,” tuturnya.

Osa juga mengimbau seluruh masyarakat Desa Parung untuk dapat mematuhi imbauan pemerintah dalam rangka pencegahan virus corona. Yakni, menggiatkan seluruh warga desa untuk lebih meningkatkan kebersihan lingkungan, penyemprotan disinfektan, rajin mencuci tangan, sadar akan imbauan tentang physical distancing atau menjaga jarak demi kesehatan bersama, tidak menggelar kerumunan massa ataupun hajatan untuk sementara waktu, dan sebagainya.

“Hal itu semata-mata demi kesehatan kita semua. Bukan pemdes melarang, kami mohon dengan sangat dan harap masyarakat bisa memaklumi situasi saat ini. Karena yang sedang dihadapi adalah virus yang tidak nampak, sulit dideteksi apakah virus itu sudah ada atau tidak, dibawa atau ditularkan oleh siapa, tidak bisa diketahui secara kasat mata. Dan juga, bukan kami mencurigai orang yang baru datang,” jelas Kades Parung.

News Feed