oleh

DPRD Siapkan Pansus Tanggapi Masalah Gunung Ciremai

KUNINGAN, (DK). –

DPRD Kabupaten Kuningan akan menunjukan perannya sebagai wakil rakyat, menjalankan fungsi pengawasannya dalam menanggapi isu terkait pengelolaan hutan kawasan Gunung Ciremai yang berada di wilayah Kabupaten Kuningan, dengan merencanakan pembentukan Panitia Khusus (Pansus).

“Sudah dikumpulkan semua pimpinan fraksi-fraksi, semua hadir, mengusulkan dibentuknya Pansus untuk menyelesaikan persoalan ini. Maka, kami menyepakatinya segera membuat Pansus TNGC,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy, SE., didampingi Wakil Ketua DPRD, Drs. H. Ujang Kosasih, M.Si., usai melaksanakan Rapat Konsultasi DPRD Pimpinan Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Kuningan, di Ruang Banggar Gedung DPRD setempat, Rabu (4/3/2020).

Nuzul menerangkan, bahwa kesepakatan pembentukan Pansus untuk menghindari tendensius penggiringan isu apapun. Karena, nantinya Pansus akan mengundang seluruh stakeholder, termasuk melibatkan para ahli, dan unsur-unsur terkait dengan Gunung Ciremai, baik yang pro maupun kontra. Gunanya, untuk membuat kajian khusus, yang nanti hasilnya akan menjadi bahan rujukan.

“DPRD sebagai lembaga politik harus hadir manakala ada pro-kontra di tengah-tengah masyarakat. Supaya tidak terjadi bola liar, maka DPRD meminta tanggapan bagaimana sikap fraksi. Kami lakukan sesuai dengan tata tertib, dengan ketentuan sekurang-kurangnya seperlima dari jumlah anggota dewan, atau sepuluh orang lebih dari satu fraksi mengusulkan kepada pimpinan. Usulan itu dibawa ke Badan Musyawarah, dari Banmus dijadwalkan ke Paripurna,” jelasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Kuningan menegaskan bahwa output dari Pansus TNGC yang segera dibentuknya itu, akan menjadi suatu bahan rekomendasi—bukan Peraturan Daerah (Perda). (Erix)

News Feed