oleh

Imbas Coronavirus, Jamaah Sholat Jum’at Masjid DPRD Kuningan Berkurang

KUNINGAN, (DK). –

Pemandangan tampak tak seperti biasanya pada pelaksanaan ibadah Sholat Jum’at di Masjid DPRD Kabupaten Kuningan, jalan RE Martadinata, Ancaran – Kuningan, Jumat (20/3/2020). Masjid yang terletak diantara kantor Dinas Sosial, Disdukcapil, dan DPPKBP3A, ini biasanya selalu banyak pengunjungnya dari Jamaah di sekitar sana. Entah, sebab adanya imbauan pencegahan Virus Covid-19 (Corona), Masjid ini pun berkurang Jamaahnya.

“Meski dua ormas Islam terbesar di Indonesia, Jamiyah Nahdlatul Ulama (NU) dan Perserikatan Muhammadiyah mengimbau umat Islam tidak menggelar Sholat Jum’at di Masjid, khususnya di daerah yang rawan penularan Coronavirus. Namun, data menunjukan di Kabupaten Kuningan belumlah ada Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19. Maka, kami berani menjalankan ibadah di Masjid. Bagi Jamaah, terserah pribadi masing-masing, mau Sholat Jum’at di Masjid atau tidak,” ungkap DKM Masjid DPRD Kuningan, yang juga ASN Sub Bagian Humas dan Protokol DPRD setempat, Reza, mengutarakan kepada dialektikakuningan.com.

Dikatakannya pula, bahwa Masjid DPRD Kuningan dalam antisipasi Coronavirus sudah dilakukan pembersihan lingkungan, seperti pada karpet dan lainnya.

Sementara, menurut salah seorang Jamaah, Eka, Anggota Bawaslu Kuningan, yang kebetulan menunaikan ibadah Sholat Jum’at di Masjid DPRD Kuningan. Dirinya, meyakini dengan tetap menjalankan ibadah wajib, Umat Islam akan lebih dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa, berada dalam lindungan-Nya dari segala macam marabahaya dan penyakit.

“Saya yakin, Allah SWT akan melindungi umat-Nya. Karena, Islam mengajarkan kebersihan adalah sebagian dari iman. Setiap kita Sholat lima waktu saja kita sudah bersuci dengan Wudhu, Insya Allah terhindar dari virus Covid-19 (Corona) ini. Meski, kita pun tetap waspada dengan mematuhi setiap imbauan pemerintah dengan menjalankan langkah pencegahan Coronavirus—jangan gegabah, harus sadar diri. Karena memang virus ini sedang mewabah,” katanya.

Pantauan di sana, Jamaah yang melaksanakan Sholat Jum’at memang tidak sebanyak biasanya, yang bisa sampai padat memenuhi seluruh ruangan dalam dan teras Masjid DPRD Kuningan.

Beberapa pegawai kantor dinas, ditambah para pedagang di sekitar sana, masih tampak menjalankannya seperti biasa. Tidak ada yang mengenakan masker ataupun enggan bersalaman, dan jarak diantara barisan shaf Jamaah Sholat juga masih seperti biasanya, tidak jaga jarak seperti hal social distancing. (Erix)

News Feed