oleh

Komisi IV DPR RI Gelar Safari GEMARIKAN di Ponpes Al-Amin Karangtawang

KUNINGAN, (DK). –

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI, tengah gencar melakukan kegiatan perluasan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), di 110 lokasi, 21 provinsi.

Untuk di Kabupaten Kuningan, kegiatan tersebut digelar dengan tajuk “Safari Gemarikan”, dilaksanakan di Ponpes Al-Amin, Desa Karangtawang, Kecamatan Kuningan, Selasa (2/6/2020). Dengan jumlah bantuan yang disalurkan, berupa ikan mas segar sebanyak 1,1 ton, abon ikan patin 500 buah, dan ikan sardine kaleng sebanyak 500 kaleng. Yang merupakan dibeli dari hasil produksi pembudidaya dan pengolah UMKM Perikanan Kabupaten Kuningan.

Penyerahan bantuannya dilakukan oleh Anggota Komisi IV DPR RI, KH. Asep A. Maoshul Affandy, kepada santri dan masyarakat sekitar. Yang hadir didampingi oleh Perwakilan Ditjen PDPKP, Kepala UPTD Pengujian dan Penerapan Mutu Produk Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan mewakili  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, perwakilan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan, dan Kepala Desa setempat.

“Kalau sudah diterima, paket bantuan ikan segar ini segera diolah untuk menu keluarga. Pada masa-masa sulit seperti saat ini, masyarakat harus tetap dapat mengkonsumsi bahan pangan yang mampu meningkatkan gizi utamanya dalam menghadapi COVID-19,” ujar KH. Asep A.M. Affandy.

Diharapkannya, bantuan itu bisa bermanfaat, terutama bagi mereka yang daya belinya menurun akibat sektor usahanya terdampak Pandemi COVID-19. Sebagaimana maksud dan tujuan dari kegiatan ini, yakni dalam rangka memenuhi asupan gizi untuk daya tahan tubuh masyarakat terdampak COVID-19.

Serta, untuk membantu penyerapan ikan dan produk perikanan yang dihasilkan oleh pembudidaya dan pengolah produk perikanan. Maka, KKP bekerjasama dengan mitra kerja Komisi IV DPR RI melakukan kegiatan perluasan.

Sementara itu, Direktur Pemasaran KKP RI, Machmud, bahwa pihaknya menekankan, kegiatan perluasan Gemarikan merupakan salah satu upaya KKP untuk mendukung dan memastikan sektor perikanan tangkap dan budidaya, serta pengolahan ikam tetap berdaya saing pada situasi sulit ditengah Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19).

“Melalui penyerapan produk ikan  yang dihasilkan, sekaligus mendorong peningkatan konsumsi ikan nasional,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, konsumsi ikan di Kabupaten Kuningan pada tahun 2018, tercatat 12,51 kg/kapita. Masih rendah dibawah rata-rata konsumsi Provinsi Jawa Barat, yaitu 48,68 kg/kapita, dan konsumsi nasional 50,69 kg/kapita. (Erix)

News Feed