oleh

Layanan Keuangan Mudah Dalam Genggaman Dengan Pos Giro Mobile

KUNINGAN, (DK). –

Seiring kemutakhiran teknologi era Revolusi Industri 4.0, di mana hampir semua layanan berbasis digital daring (online). PT Pos Indonesia (Persero) pun senantiasa membuat terobosan sebagaimana inovasi dalam pelayanannya. Belum lama ini, meluncurkan aplikasi Pos Giro Mobile,yang dapat dipergunakan oleh seluruh masyarakat (customer) melalui smartphone atau handphone android.

“Jadi, masyarakat cukup menginstall Pos Giro Mobile dari Google Play Store dari gawai smartphone masing-masing. Nantinya, bilamana masyarakat hendak melakukan pembayaran seperti listrik ataupun token PLN, PDAM, pulsa HP, pajak, cicilan kendaraan, premi BPJS, top up saldo, asuransi, tiket kereta dan lainnya, karena apilikasi ini terhubung dengan 400 lebih mitra layanan keuangan,” jelas Kepala Kantor Pos Kuningan, Alif Dermawan, ketika ditemui dialektikakuningan.com, di ruang kerjanya, Kamis (19/3/2020).


Kepala Kantor Pos Kuningan, Alif Dermawan

Alif menerangkan, dengan Pos Giro Mobile, masyarakat bisa memanfaatkannya untuk penyimpanan uang elektronik ke aplikasi tersebut, dengan cara melakukan deposit melalui kantor pos. Ataupun, melalui bank-bank yang menjadi mitra Kantor Pos, seperti BNI, BRI, BCA, BTN, Mandiri dan bank lainnya.

Ia menyebutkan juga kelebihan Pos Giro Mobile dari aplikasi layanan keuangan lainnya,antara lain, rekening Pos Giro Mobile tidak akan dibebani dengan biaya administrasi. Saldo Pos Giro Mobile tidak dikenakan bunga (prinsip syariah). Bisa transfer saldo antar Pos Giro Mobile lebih mudah memakai fitur QR Code tanpa kena biaya admin. Bisa kirim uang jarak jauh dengan fitur Wesel Pos Instan dengan nanti penerimanya dapat mencairkan di seluruh Kantor Pos. Bisa digunakan untuk pembayaran marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya.

“Bila sewaktu-waktu kita membutuhkan uang tunai, bisa mudah pula mencairkannya saldo Pos Giro Mobile melalui Indomaret. Pokoknya cukup menggunakan aplikasi ini, kita bisa lakukan layanan keuangan kapan pun, di mana pun dengan mudah dan cepat,” tuturnya.

Hanya saja, dikatakan Alif, Pos Giro Mobile tidak dapat digunakan untuk layanan pengiriman paket. Dia mengutarakan solusi bagi para pebisnis onlineshop (pebisol) ataupun BUMDes untuk dapat mengirimkan paketnya tanpa harus datang ke Kantor Pos, bisa memanfaatkan Agen Pos atau Oranger Pos. Di mana akan ada petugas Kantor Pos yang datang langsung ke alamat ‘si pengirim’ untuk mengambil paket, untuk kemudian mengantarkan paket menuju alamat ‘si penerima’ melalui Pos.

“Bahkan, bisa sistem pembayarannya di tempat si penerima atau Cash On Delivery (COD). Misal, si A pesan barang ke si B secara online, namun si A belum mau bayar atau transfer uang sebelum melihat langsung barangnya. Asalkan memilih layanan pengiriman barangnya memakai Kantor Pos, bisa pembayarannya secara COD,” terangnya.

Kepala Kantor Pos Kuningan, Alif Dermawan, juga mengutarakan, bahwa pihaknya membuka kerjasama dalam bidang jasa pengiriman barang, ataupun kerjasama lainnya, kepada seluruh lembaga/instansi pemerintah, perusahaan BUMN/Swasta/Perumda, serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). (Erix)

News Feed