oleh

Pelanggan PLN Mengeluh Beli Token Listrik Kodenya Tak Muncul

KUNINGAN, (DK). –

Pelanggan PLN listrik prabayar mengeluhkan pelayanan dan melakukan pengaduan kepada PT PLN (Persero) ihwal kode token listrik yang tak muncul meski sudah melakukan top up atau pembelian/pengisian token.

“Kemarin sore (Senin, 1 Juni 2020), saya membeli token listrik ke gerai Alfamart Babatan, Kecamatan Kadugede. Tapi ternyata, kode token yang biasa untuk diinput tidak muncul pada struk pembayarannya. Lalu saya komplain kepada kasir Alfamart, dan lantas saya disuruh sabar menunggu,” ungkap Erix Exvrayanto, pelanggan PLN listrik prabayar warga Desa Bayuning, Kecamatan Kadugede, Selasa (2/6/2020).

Erix juga mengatakan kalau dirinya sempat menanyakan kepada Supervisor Pelayanan Pelanggan Kantor PLN ULP Rayon Kabupaten Kuningan, Marhel. Mendapat jawaban, bahwa sedang ada kendala atau perbaikan, dan penormalan selesai hari Senin, 1 Juni 2020, pukul 18.50 WIB. Serta, pihak PLN Kuningan tersebut meminta data ID Pel untuk pengecekan, namun dinyatakan belum ada transaksi masuk.

Untuk kepastian transaksi, Erix kembali menanyakan ke pihak Alfamart. Kemudian disuruh menghubungi service center PLN123. Jawabannya pun, transaksi belum masuk, mohon ditunggu 1 x 24 jam. Dan, disuruh untuk melakukan pengecekan melalui aplikasi PLNmobile, serta bilamana belum muncul juga kode tokennya harus menghubungi lagi PLN123.

“Saya sampai pagi ini, terakhir pukul 07.13 WIB, untuk kedua kali melakukan pengaduan lewat PLNmobile, namun hanya mendapat balasan “Dalam Proses Manager Unit”. Jelas kesal dan jengkel, dari semalam harus cek PLNmobile terus telpon PLN123 berkali-kali ngabisin pulsa tapi tetap saja gak dapat kode tokennya. Daya listrik 900VA kirain mau dapat diskon Covid-19 malah dikerjain begini,” Erix menggerutu.

Pengaduan pelanggan PLN melalui aplikasi PLNmobile

Respon PLN

Sementara itu, Redaksi dialektikakuningan.com mencoba mengkonfirmasi ke pihak PLN. Mendapat respon dalam bentuk press release, bahwasannya pihak PLN meminta maaf terkait adanya gangguan pada sistem jaringan komunikasi data yang menyebabkan proses pengisian data token prabayar sebagian pelanggan gagal terkirim. Dan, saat ini jaringan komunikasi sudah berangsur normal. Berikut siaran pers tersebut:

Press Release No. 129.PR/STH.00.01/V/2020

*Sistem Jaringan Komunikasi Data Berangsur Normal, Pelanggan Sudah Bisa Kembali Akses Token Listrik*

PLN meminta maaf terkait adanya gangguan pada sistem jaringan komunikasi data yang menyebabkan proses pengiriman data token prabayar sebagian pelanggan gagal terkirim. Saat ini jaringan komunikasi sudah berangsur normal.

“PLN secepatnya memulihkan seluruh sistem dan mencari akar masalah agar tidak terulang dikemudian hari,” tutur Senior Executive Vice President Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono.

Sementara itu untuk pelanggan yang sudah terlanjur membeli token atau sudah terdebet namun tokennya tidak ada, kami pastikan dana pelanggan tidak hilang. Untuk informasi tersebut pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123.

Sebelumnya, pukul 16.45 WIB terjadi gangguan sistem jaringan komunikasi yang mengakibatkan sejumlah transaksi token listrik mengalami gagal kirim. Kemudian, pukul 16.52 WIB sistem jaringan komunikasi data PLN sudah berangsur normal.

Sekali lagi, kami sampaikan permohonan maaf untuk ketidaknyamanan pelanggan, kami akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kedepannya.

*Kontak Person* Ida Zubaidah  Plh. Executive Vice President Corporate    Communication & CSR PLNTlp. 021 7261122Facs. 021 7227059. (Iwan)

News Feed