oleh

Ziarah ke Makam Pahlawan Hingga Santuni Warga Mewarnai HUT TNI di Kabupaten Kuningan

KUNINGAN, (DK). –

Sejumlah kegiatan mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia tingkat Kabupaten Kuningan. Diantaranya, mulai dari anggota Kodim 0615/Kuningan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Haurduni, hingga memberikan santunan terhadap warga kurang mampu sebagai bhakti sosial.

“Kemarin hari Jumat (4/10/2019), kami menyambut HUT ke-74 TNI telah melaksanakan agenda ziarah ke TMP yang merupakan tradisi kejuangan harus dilakukan seluruh prajurit TNI sebaga bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan bangsa. Serta, memanjatkan doa terbaik bagi para pahlawan, juga bagi kita selaku generasi penerusnya,” ungkap Dandim 0615/Kuningan, Letkol inf Daru Cahyadi Soeprapto, S.Sos., MM., kepada www.dialektikakuningan.com, Minggu (6/10/2019).

Kemudian, dituturkannya, tepat di hari jadi TNI, tanggal 5 Oktober 2019, ratusan personel anggota TNI Kodim 0615/Kuningan melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-74 TNI di Makodim setempat, jalan RE Martadinata. Dandim pun yang bertindak menjadi inspektur upacara itu.

Dalam amanatnya, Daru menyampaikan, bahwa TNI sebagai alat negara, bertugas tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang.

Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi. Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak tatanan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Konsep-konsep ini pun mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena perang-perang tersebut terjadi di masa damai. Ditambah lagi, potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan nir militer berubah, dan TNI harus siap menghadapinya.

“Menghadapi kompleksitas ancaman tersebut, diperlukan postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembangunan postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI,” ujar Dandim.

Masih dalam momentum HUT ke-74 TNI, Sabtu (5/10/2019), anggota Koramil 1501/Kuningan melakukan giat bhakti sosial dengan memberikan bantuan kepada warga kurang mampu di Kecamatan Kuningan.

Diantaranya, dikemukakan Danramil 1501/Kuningan, Kapten Inf Ibnu Sahid, yakni memberikan 1 unit kursi roda kepada seorang penyandang disabilitas di Kelurahan Winduhaji. Dan, 1 buah kacamata minus kepada warga Desa Cibinuang. (Erix)

News Feed